Kejadian di Balik Pembangunan Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban Malang

Wisata Masjid Tiban Malang- Siapa yang tidak pernah dengar tentang mitos tentang kejadian dan asal-usul Masjid Tiban Malang?. Wisata religi yang terletak di Kecamatan Turen Malang ini memang pernah ramai dibicarakan bahwa Masjid Tiban Turen ini, dibangun oleh sekawanan makhluk tak kasat mata yaitu Jin, tanpa sepengetahuan warga sekitar. Apakah itu benar?, tentu tidak. Masjid ini ternyata merupakan sebuah pondok pesantren dengan nama Pondok Pesantren Salafiyyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah atau Bi Ba’a Fadlrah yang memiliki arti sebagai Laut Madu. Pondok pesantren ini dibangun oleh para santri yang berjumlah sekitar 250 orang yang dibantu oleh para warga sekitar. Jadi, apakah kalian masih percaya dengan mitos bahwa Masjid Tiban dibangun oleh para Jin?.

Memang, pembangunan Masjid Tiban Turen Malang ini tidak seperti pembangunan bangunan seperti biasanya, pembangunan Masjid Tiban ini dilakukan secara tertutup, dan dibuka ketika sudah hamper jadi, jadi masyarakat menyebiutnya sebagai Masjid Tiban.

Lokasi dan Akses Menuju Wisata Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban berlokasi di desa Sananrejo, jln. Wakhid Hasyim gg. Anggur No. 10, Kecamatan Turen kabupaten Malang Jawa Timur. Mengenai akses jalan, kalian sudah tidak perlu khawatir guys, karena akses menuju Masjid Tiban ini sudah beraspal mulus meskipun sedikit lumayan jauh dari pusat Kota Malang. Untuk rutenya kamu bias memulai perjalanan dari Kota Malang ataupun dari Lawang menuju Kecamatan Turen. Setelah sampai di Turen, jika kalian menemui pertigaan, kamu tinggal mengikuti arah yang sudah tersedia di plang yang menunjuk ke arah Masjid Tiban. Jika masih bingung, kamu dapat mengandalkan bantuan google maps, karena lokasi Masjid Tiban ini sudah ditandai di Google Maps.

Masjid Tiban Malang

Harga Tiket Masuk Wisata Masjid Tiban Malang

Berita bagusnya, untuk harga tiket masuk di wisata Masjid Tiban adalah tidak di pungut biaya atau gratis. Kalian sebagai pengunjung hanya di tarik tariff parkir. Untuk sepeda motor kalian akan ditarik sebesar 2000 rupiah, dan untuk mobil sekitar 5000 rupiah. Hanya dengan membayar biaya parkir saja, kamu sudah bisa menikmati wisata Masjid Tiban sampai lelah. Selain itu, disini kamu juga bisa berbelanja, karena disini juga sedang dikembangkan bisnis pesantren. Jadi, disini banyak sekali tempat-tempat souvenir, Jajanan khas Malang, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang di Sediakan di Masjid Tiban Malang

Fasilitas yang dapat kamu temui di Masjid Tiban Malang adalah adanya kolam renang yang dilengkapi dengan perahu kecil khusu untuk pengunjung anak-anak. Selain itu, di kompleks wisata Masjid Tiban ini juga terdapat beberapa hewan peliharaan seperti monyet, kelinci, ayam, kijang, dan burung. Untuk maslah toilet dan kamar mandi, kalian tidak perlu risau, karena disini sudah disediakan.

Nah, gimana guys, apakah kalian penasaran dengan Masjid Tiban ini?, memang wujud bangunanya begitu mewah dengan cat yang dominan berwarna putih dan biru. Selain berwisata kalian juga dapat belajar agama disana loh guys dengan mengikuti serangkaian aktifitas sebagai santri baik menetap ataupun tidak. Tidak ada salahnya juga mampir sebentar untuk menyaksikan betapa megahnya bangunan Masjid Tiban yang pernah ramai diperbincangkan karena rumormya yang seperti mitos candi Roro Jonggrang alias hanya dibangun selama satu malam oleh kawanan tentara Jin.

Jika kalian berniat untuk mampir, apalagi kalian yang menyukai seni fotografi, abadikan momen kalian, karena disini terdapat ukiran-ukiran yang cantik di setiap dinding Masjid. Jangan lupa mengajak teman, kekasih atau keluarga, karena jika hanya sendirian tidak akan seru jika berkunjung disini.