Jawa Barat

Pulau Kelor: Lokasi, Rute, Biaya dan Tranportasi Menuju Tempat Wisatanya

Wisata Pulau kelor

Wisata Pulau Kelor- Di Indonesia ada dua pulau yang memiliki nama yang sama, yaitu Pulau Kelor yang terletak di kepulauan seribu dan Pulau Kelor yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Jika kamu berkunjung ke Pulau Kelor di Nusa Tenggara Timur kamu juga bisa sekalian mampir di Taman Nasional Komodo guys. Namun, pembahasan kita kali ini adalah terkait Pulau Kelor yang ada di kepulauan Seribu Privinsi DKI Jakarta.

Dari beberapa situs yang membahas terkait Pulau Kelor di Kepulauan Seribu ini, selalu ada yang membahas perihal sejarah dari tempat wisata satu ini. Sebelum menjadi Pulau Kelor, awalnya pulau ini bernama Pulau Kherkof, yang berdekatan dengan Pulau Onrust, Cipir, Petodan dan Pulau Bidadari yang juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi pecinta laut. Meski terpencil, ternyata fasilitas Pulau Kelor lumayan oke juga loh guys, selain dermaga pemberhentian kapal di pulau kelor ini sudah di lengkapi dengan fasilitas saung untuk bersantai-santai, toilet umum, dan masih banyak lagi.

Wisata Pulau kelor

Bercerita mengenai sejarah Pulau Kelor di Kepulauan Seribu, ternyata wisata ini dulunya juga merupakan salah satu wilayah yang diduduki oleh Belanda dan VOC, sehingga selain pantai yang memukau, di wisata satu ini juga akan kamu temukan peninggalan sejarah yang cukup banyak hingga saat ini. Salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah banteng Martello yang berdiri di bibir pantai dengan hamparan pasir putih di sekelilingnya. Banteng ini sudah berusia berabad-abad terlihat dari bangunannya yang hanya terlihat batu bata khas jaman dahulu. Banteng Martello dulunya digunakan untuk menyimpan Meriam yang sangat besar dan dapat diputar 360 derajat. Namun, pada tahun 1883 saat gunung krakatu meletus, banteng Martello juga merasakan akibatnya walau tidak hancur secara keseluruhan.

Wisata Pulau kelor

Lokasi Wisata Pulau Kelor

Lokasi Pulau Kelor berada di Kepulauan Seribu yang berada di sebelah utara Ibu Kota Jakarta. Lokasi Pulau Kelor berdekatan dengan pulau Onrust, Bidadari, Cipir dan Patondan yang dulu terkenal dengan sebutan Kuburan Kapal Tujuh.

Rute Menuju Pulau Kelor

Untuk menuju Pulau Kelor, kamu akan sangat mudah menemukan transportasi menuju kesana. Jika kamu dari pusat Jakarta kamu harus menuju Dermaga Muara Kamal sebelum menyeberang ke Kepulauan Seribu. Di dermaga Muara Kamal ini kamu akan mendapatkan tumapangan menuju pulau Kelor. Selain dari Dermaga Muara Kamal ini, kamu juga bisa menuju Dermaga Marina Ancol. Di dermaga Marina Ancol ini kamu dapat menyewa speedboat. Speedboat bisa menampung beberapa orang sesuai dengan ukurannya masing-masing.

Biaya ke Pulau Kelor

Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Pulau Kelor, tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu berapa biaya pokok yang akan kamu keluarkan. Biaya pokok salah satunya adalah biaya transportasi penyebrangan menuju pulau kelor ini. Kamu bisa memilih rute sediri, baik dari Muara kamal, Marina Ancol, ataupun Tanjung Pasir. Untuk biaya parkir di masing-masing dermaga bervariasi mulai 8000 hingga 20000. Tiket untuk kapal penyeberangan sekitar 100.000 rupiah, biaya ini juga dapat berubah tergantung kapal seperti apa yang akan kamu naiki nanti. Harga tiket masuk menuju pulau Kelor adalah sekitar 5000 rupiah, harga tiket masuk ini juga dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari pihak pengelolanya. Jika kamu membutuhkan tour guide, kamu perlu merogoh kocek lagi sebesar 250.000 rupiah. Biaya yang disebutkan tadi masih biaya pokok saja, jika kamu ingin lebih hemat lagi, kamu dapat menggunakan jasa paket wisata dibandingkan jika kamu pergi berwisata sendiri di Pulau Kelor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *